Monday, October 14, 2019

Daerah Penghasil Kayu Rotan Terbesar Di Indonesia

Indonesia merupakan negara penghasil rotan terbesar di dunia. Sekitar 85% bahan baku rotan di seluruh dunia diproduksi oleh negara ini. Sisanya dikirim oleh negara Asia lainnya seperti Filipina, dan Vietnam. Ekspor rotan yang dilakukan Indonesia ke luar negri biasanya sudah berupa barang jadi, yakni furniture rotan. Namun, beberapa negara masih ada yang meminta ekspor yang berupa rotan alami mentah maupun sintetis.
Indonesia merupakan negara penghasil rotan terbesar di dunia
Kerajinan Rotan

Di Indonesia sendiri memang cukup banyak daerah yang berkontribusi menghasilkan rotan untuk negara yang kemudian diekspor ke negara lain, hal tersebut pastinya adalah hal yang perlu dipertahankan dan terus dikembangkan serta ditingkatkan agar tidak mengalami masa-masa menurunnya produksi hasil kerajinan rotan tersebut.


Menurut Wakil Menteri Perindustrian, Alex S.W. Retraubun, Penghasil rotan di Indonesia tersebar di 3 Propinsi:
  • Propinsi Kalimantan
  • Propinsi Sumatera
  • Propinsi Sulawesi
  • Propinsi Papua

Daerah Penghasil Rotan di Propinsi Kalimantan

Kabupaten Katingan yang beribukota di Kasongan, Kalimantan Tengah, memiliki 13 Kecamatan yang 10 diantaranya adalah penghasil rotan terbesar di Kalimantan. Kabupaten ini mampu menghasilkan 500 ton lebih rotan dalam sebulan.

Daerah Penghasil Rotan di Propinsi Sumatera

Beberapa kabupaten di Provinsi Sumatera Utara yang mempunyai potensi sebagai penghasil rotan diantaranya adalah Kabupaten Toba Samosir, Tapanuli Tengah, Tapanuli selatan, Tapanuli tengah, Langkat, dan Mandailing Natal.

Daerah Penghasil Rotan di Propinsi Sulawesi

Provinsi Sulawesi Tengah merupakan salah satu daerah penghasil kayu rotan, oleh karena itu industri meubel rotan ini sebenarnya sangat prospektif untuk dikembangkan di Kota Palu. dan salah satu industi yang mengelolah rotan menjadi aneka kerajinan adalah industri meubel rotan Tora-Tora.

Daerah Penghasil Rotan di Propinsi Papua

Kabupaten Kepulauan Yapen, dominan bergantung pada sektor kehutanan yang meliputi hutan produksi, produksi terbatas, dan hutan produksi yang dapat di konservasi. Produksi hasil hutan Kepulauan Yapen berupa kayu bulat dan kayu olahan. Hasil hutan ikutan lain yang peroleh penduduk adalah rotan, damar, kulit masohi, gaharu dan nipah. Pemasaran kayu bulat dikirim ke Kalimantan, Surabaya, Semarang dan Jakarta. Sedangkan produk kayu olahan lain dipasarkan ke Surabaya, Jepang, dan juga Australia.

Demikian Artikel Tentang Daerah Penghasil Kayu Rotan Terbesar Di Indonesia, semoga bermanfaat.

Referensi : 
  • https://akurat.co/gayahidup/id-483985-read-melihat-kerajinan-dari-kabupaten-penghasil-rotan-terbesar-di-kalimantan
  • http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Agrotekbis/article/view/3657
  • https://jayapura.bpk.go.id/?page_id=1003

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search